Thursday, October 17, 2013

PERANGKAT LUNAK


Perangkat lunak merupakan sekumpulan instruksi dan data yang tersimpan dan dijalankan oleh komputer. Perangkat lunak dibutuhkan computer karena computer tidak dapat melakukan apa-apa tanpa instruksi.
Pada awal pembuatannya, computer hanya dapat mengerti bahasa mesin. Dan bahasa mesin tersebut pada umumnya berbentuk bilangan biner. Oleh karena membuat program dengan bahasa mesin sangatlah sulit dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi, maka dibuatlah bahasa Assembly. Bahasa ini dibuat untuk memudahkan pemrograman kedalam bahasa mesin.
Pada perkembangan selanjutnya, dibuatlah High-Level Language, yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat dengan berisi instruksi-instruksi dalam bahasa inggris, sehingga memudahkan pemrograman. Contoh : Fortran, Java, C++, dan lain lain.
Perangkat lunak berdasarkan fungsinya dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
1.      Perangkat Lunak Sistem
Perangkat Lunak Sistem adalah perangkat yang berfungsi untuk mengatur sumber daya computer. Perangkat ini sendiri terbagi menjadi :
(a)    Operating System/Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah program yang menutup detail hardware yang rumit kepada programmer dan menyediakan antarmuka yang mudah bagi programmer untuk mengakses hardware dalam pengembangan suatu program
Contoh : Windows, Linux, MacOS.
(b)   Programming Language
Bahasa Pemrograman, adalah teknik instruksi standar untuk memerintah computer. Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan yang berisi aturan sintaks dan semantic yang digunakan untuk mendefinisikan program computer.
Contoh : Java, C++, Pascal, VB, PHP, Assembly
(c)    System Utility : Defragment disk, antivirus, scan disk, dll.

2.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak ini adalah perangkat yang digunakan untuk membantu pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan tabel yang berisikan sebagian kecil contoh aplikasi.



No comments:

Post a Comment